24 Istilah Kpop yang Sering Digunakan oleh Fans, Apa Saja?

istilah kpop

Kamu seorang kpopers? Jika iya, maka kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah-istilah berikut ini.

Namun, jika kamu masih baru di dunia K-pop, jangan khawatir! Berikut ada berbagai istilah kpop yang mungkin sering kamu dengar atau temui saat berinteraksi dengan fans lainnya melalui media sosial.

1. Fandom

lightstick-exo

Merupakan istilah yang sangat penting dan sering digunakan dalam dunia K-Pop. Fandom merujuk pada kelompok penggemar yang mendukung satu grup atau penyanyi solo dalam industri musik Korea. Fandom biasanya memiliki nama unik yang dibuat oleh grup atau penyanyi solo tersebut, dan penggemar seringkali menggunakan nama tersebut untuk mengidentifikasi diri mereka dalam komunitas K-Pop.

2. Stan

Merupakan singkatan dari “stalker fan” yang awalnya memiliki makna negatif karena istilah ini awalnya diperknalkan Eminem pada tahun 2000 yang mengacu pada fansnya yang terlalu obsesif. Namun, sekarang kata “stan” di kalangan kpoper lebih menggambarkan dukungan intensif terhadap grup atau idol yang kamu sukai. Kamu dapat menggunakan kata stan sebagai cara untuk menunjukkan bahwa kamu sangat menyukai grup idol tersebut.

3. Fansite Masternim

Merupakan fans  yang memiliki kamera dengan kualitas bombastis dan sering mengikuti konser atau kegiatan lainnya dari grup atau penyanyi solo untuk mengambil foto atau video mereka. Fansite masternim juga sering kali menghasilkan konten eksklusif dan karya seni yang mengagumkan untuk sesama fans.

4. Lightstick

lighstick kpop

Merupakan benda kecil berbentuk tongkat yang digunakan oleh penggemar K-Pop sebagai identitas selama konser atau acara publik lainnya. Lightstick biasanya dirancang dengan warna dan bentuk yang unik untuk mewakili grup atau penyanyi solo tertentu.

5. Bias

Merupakan member dari grup idola atau penyanyi solo yang menjadi favorit di mata fans. Setiap fans pasti memiliki satu atau beberapa bias di tiap grup kpop yang mereka sukai.

6. Maknae

Merupakan istilah untuk member termuda dalam grup idol. Maknae sering kali dianggap sebagai yang paling kecil dari anggota grup lainnya dan sering diperlakukan dengan perhatian khusus.

Baca Juga:  Ini Bukti Kpopers Indonesia itu Keren Sekali

7. Visual

Merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan member yang dianggap memiliki penampilan paling menarik atau cantik di dalam grup idol. Visual biasanya menjadi sorotan utama di setiap comeback yang dilakukan oleh grup idola.

8. Sub-Unit

sub unit nct dojaejung

Merupakan sebuah kelompok kecil yang terdiri dari beberapa member dari grup idol utama. Sub-unit sering kali dibentuk untuk mengeksplorasi genre musik yang berbeda, menampilkan kombinasi member yang unik, mengisi kekosongan jika ada member yang sedang wamil atau hiatus dan sebagainya.

9. Line Distribution

Merupakan pembagian bagian vokal atau rap di sebuah lagu. Line distribution yang merata dianggap sebagai tanda keadilan dalam sebuah grup idol, karena semua member memiliki kesempatan yang sama untuk menunjukkan kemampuan vokal atau rap mereka.

10. Comeback

Merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kegiatan promosi album baru oleh grup atau penyanyi solo. Selama comeback, mereka melakukan serangkaian acara promosi seperti konser, tampil di program musik, atau wawancara dengan media.

11. Fansign

Fansign adalah acara bertemu dan mengobrol dengan artis K-Pop secara langsung. Biasanya, acara ini diselenggarakan setelah perilisan album baru atau single baru. Penggemar yang beruntung dapat mengikuti acara ini dengan membeli album atau tiket khusus.

12. Fanmeeting

Fanmeeting adalah acara pertemuan antara penggemar dan artis K-Pop yang diadakan secara formal. Acara ini biasanya berisi berbagai macam acara, seperti game, pertunjukan, dan wawancara dengan artis. Fanmeeting biasanya diadakan setelah perilisan album atau konser.

13. Ending Fairy

ending fairy seventeen

Merupakan istilah yang seringkali digunakan di dunia Kpop untuk menyebut momen ketika seorang idol menjadi penutup dalam sebuah acara music show atau pertunjukan lainnya. Biasanya dalam momen ini idol akan menampilkan gesture singkat yang membuat fans semakin jatuh cinta. Bisa saja berpose imut, melalukan aegyo atau malah menampilkan gesture wajah yang seksi.

Baca Juga:  Tentang Line Distribution yang Sering Jadi Perhatian Kpoper

14. Fanchant

Merupakan singkatan dari “Fan chant”. Fanchant adalah cara para penggemar menunjukkan dukungan mereka dengan menyanyikan bagian tertentu dari lagu secara bersama-sama selama konser atau acara publik lainnya. Fanchant sangat penting dalam konser K-pop untuk menunjukkan dukungan dan cinta kepada grup idol kesayangan.

15. Solo Stan

Merupakan seorang penggemar yang sangat mendukung dan mengidolakan salah satu member lebih dari ember lainnya dalam sebuah grup. Solo stan sering kali menjadi fans yang sangat setia terhadap member kesayangan mereka tetapi juga tetap mendukung mereka dalam format grup.

16. Hiatus

Merupakan istilah yang seringkali digunakan di dunia K-Pop untuk menggambarkan situasi ketika seorang member atau penyanyi solo memutuskan untuk berhenti sementara dari kegiatan promosi dan aktivitas di industri musik. Hiatus biasanya terjadi karena berbagai alasan, seperti masalah kesehatan, kelelahan, atau kebutuhan untuk fokus pada kegiatan lain.

17. Ship

ship suho irene

Merupakan singkatan dari “relationship”. Ship digunakan untuk menggambarkan harapan atau keinginan penggemar agar dua member atau lebih dari grup idol menjadi pasangan romantis. Namun, penting untuk diingat bahwa ship hanya sekadar harapan atau khayalan para penggemar, dan tidak ada kepastian bahwa idol yang di-ship benar-benar memiliki hubungan romantic di kehidupan nyata.

18. Aegyo

Merupakan ekspresi imut dan lucu yang sering dilakukan oleh para idol K-Pop. Aegyo digunakan untuk menarik perhatian penggemar dan membuat mereka merasa terhibur. Para idol biasanya melakukan aegyo saat tampil di acara TV atau konser.

19. Daesang

Merupakan penghargaan tertinggi dalam acara penghargaan musik Korea. Daesang dianggap sebagai penghargaan yang sangat bergengsi dan hanya diberikan kepada grup atau penyanyi solo yang berhasil meraih prestasi luar biasa dalam industri musik Korea.

20. Encore

Merupakan pemutaran ulang lagu terakhir di akhir konser setelah permintaan dari penggemar untuk memberikan penampilan tambahan. Encore biasanya menjadi momen yang sangat emosional bagi para penggemar dan para idol.

Baca Juga:  10 Hal yang Ditakuti Kpoper Terkait Idol Kesayangannya

21. RNB

Merupakan istilah yang digunakan oleh penggemar K-Pop di Twitter yang berarti “Report and Block” atau “Laporkan dan Blok”. Istilah ini digunakan untuk mendorong penggemar untuk melaporkan akun yang melakukan perilaku tidak pantas, seperti menyebarkan ujaran kebencian, melakukan bullying, atau menyebarkan rumor palsu. Dengan melaporkan akun-akun tersebut, para penggemar berharap dapat menjaga komunitas K-Pop agar tetap aman dan bebas dari perilaku toksik.

22. Antis

Merupakan singkatan dari kata “anti-fans”, yaitu orang-orang yang merasa tidak suka atau bahkan membenci sebuah grup atau penyanyi solo. Biasanya, antis seringkali membuat komentar negatif dan mencoba merusak citra baik dari idol yang tidak disukainya.

23. Fanwar

Merupakan perang antara fandom dari dua atau lebih grup atau penyanyi solo yang seringkali terjadi di media sosial. Fanwar seringkali dipicu oleh perbandingan atau persaingan antara grup atau penyanyi solo, dan dapat menyebabkan konflik yang tidak perlu antara penggemar.

24. Sasaeng

Merupakan fans yang terobsesi dan fanatik ke idol dan melakukan tindakan tidak etis seperti mengikuti idol ke mana pun mereka pergi, mencuri barang-barang pribadi idol, mengikuti idol hingga ke hotel atau apartemen atau mengganggu privasi idol. Tindakan sasaeng sangat tidak dianjurkan dan merugikan baik bagi para idol maupun penggemar lainnya.


Nah, demikianlah penjelasan mengenai istilah-istilah Kpop yang sering digunakan oleh para fans. Bagi kpoper, istilah-istilah di atas pasti sangat familiar dan sudah sering digunakan dalam percakapan sehari-hari. Semoga penjelasan ini dapat membantu kamu memahami lebih dalam tentang dunia K-Pop ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *