Penggemar FIFTY FIFTY Wajib Tahu, Bagaimana Kelanjutan Nasib Mereka?

Fifty Fifty

Girl group asal Korea Selatan, FIFTY FIFTY, akhir-akhir ini banyak dibicarakan lantaran kasus yang tengah mereka alami setelah sukses dengan lagu Cupid.

Di balik gemerlap lampu panggung dan prestasi yang mereka peroleh dari lagu tersebut, ternyata terdapat cerita yang mendalam tentang perpisahan tak terduga ketika 3 member dari Fifty Fifty memutuskan untuk hengkang dari agensinya.

Mari kita cari tahu cerita di balik kejadian penting dalam grup FIFTY FIFTY, mulai dari awal terbentuk, tanda tangan kontrak dengan label Amerika Serikat sampai nasib FIFTY FIFTY kedepannya karena ternyata ada member yang memutuskan untuk keluar dari grup.

Informasi Singkat FIFTY FIFTY

girl group fifty fifty

FIFTY FIFTY merupakan girl group asal Korea Selatan yang terbentuk dari agensi kecil bernama ATTRAKT pada tahun 2022. FIFTY FIFTY memulai debut untuk pertama kalinya pada akhir tahun 2022 yaitu pada tanggal 18 November 2022 dengan lagu pertama mereka adalah Higher dari album mini pertama mereka yaitu The Fifty. Lagu Higher bisa kalian nikmati salah satunya melalui channel YouTube FIFTY FIFTY Official. Saat ini lagu tersebut sudah ditonton 7,2 juta kali.

Seiring berjalannya waktu, mereka merilis lagu baru pada 23 Februari 2023 berjudul Cupid. Lagu tersebut langsung viral dan berhasil membuat FIFTY FIFTY masuk dalam Billboard Hot 100 dan UK Single Chart. Hal tersebut merupakan pencapaian yang luar biasa dan tercepat dalam sejarah K-pop, karena mereka bisa mencapai itu hanya dalam waktu 4 bulan sejak mereka debut. Lagu Cupid sampai saat ini sudah ditonton sebanyak 157 juta kali. Dan fakta lain yang menarik adalah ternyata pihak agensi, ATTRAKT, mengganti thumbnail dari lagu Cupid tersebut.

Cupid masuk dalam Billboard Hot 100 pada 27 Maret 2023. Lagu Cupid berhasil membuat mereka menjadi artis Korea Selatan Kedua yang berhasil menempati posisi di Adult Pop Airplay setelah BTS.

FIFTY FIFTY Tanda Tangan Kontrak dengan Label Musik Amerika Serikat

Awal perjalanan FIFTY FIFTY tanda tangan kontrak dengan label musik Amerika Serikat Warner Records diawali oleh ambisi besar untuk bisa memperkenalkan bakat mereka ke panggung internasional.

Karena semua prestasi yang berhasil mereka peroleh, pada 25 April 2023 FIFTY FIFTY secara resmi menandatangani kontrak kerja dengan label musik Amerika Serikat, Warner Records.

Kekacauan yang Terjadi Setelah Tanda Tangan Kontrak

Pada 23 Juni 2023, ATTRAKT mengungkapkan bahwa FIFTY FIFTY tidak aktif untuk sementara waktu karena ada masalah medis dari salah satu anggotanya. Dan pada 26 Juni 2023, agensi FIFTY FIFTY yaitu ATTRAKT menuduh Warner Records membujuk para member FIFTY FIFTY agar mereka memutuskan kontrak dengan agensi mereka.

Menanggapi tuduhan tersebut, Warner Records merilis pernyataan yang menjelaskan bahwa semua tuduhan yang dilontarkan ATTRAKT kepada mereka tidak berdasar dan membantah semua tuduhan tersebut.

Keputusan Para Member FIFTY FIFTY

girl group fifty fifty

Para member FIFTY FIFTY yaitu Sio, Saena, Aran dan Keena mengajukan gugatan penangguhan kontrak eksklusif mereka dengan agensi. Penangguhan tersebut karena permasalahan tentang transparansi pembayaran atas pemasukan yang diperoleh dari penjualan album FIFTY FIFTY. Namun, hal tersebut tidak langsung dikabulkan oleh pihak manajemen ATTRAKT.

Kerusuhan internal yang ternyata terus terjadi antara para member FIFTY FIFTY dengan ATTRAKT membuat pihak manajemen ATTRAKT akhirnya memilih untuk memutuskan atau secara resmi mengakhiri kontrak dengan FIFTY FIFTY pada 23 Oktober 2023.

Di sisi lain, salah satu member FIFTY FIFTY yaitu Keena memutuskan untuk berdamai dengan pihak agensi dan memilih untuk kembali ke ATTRAKT. Keena juga membeberkan sebuah fakta menarik dari perseteruan yang terjadi kepada Dispatch yang ternyata permasalahan tersebut dimulai ketika CEO dari The Givers yaitu Ahn Sung Il berusaha untuk memanipulasi para member FIFTY FIFTY agar melawan pihak manajemen dari agensi mereka yaitu ATTRAKT.

Kini, kabarnya Keena akan comeback dengan wajah baru dan tentunya akan ditemani dengan para member baru. Kita doakan yang terbaik untuk perjalanan karir Keena dan 3 member lainnya ya, Sio, Saena, dan Aran.


Penulis kontributor: Nurul Istikhomah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *