9 Grup K-pop yang Bubar di Puncak Popularitasnya

Grup K-pop yang Bubar

Bubarnya suatu grup idol biasanya karena alasan yang bisa diprediksi sebelumnya, seperti berakhirnya kontrak, skandal atau hal lain yang tak diungkapkan oleh agensi. Tapi ad ajuga lho beberapa grup k-pop harus mengakhiri karir mereka ketika sedang berada pada puncak popularitas.

Inilah 9 grup idol k-pop yang bubar di puncak popularitasnya yang perlu kamu ketahui.

1. SISTAR

sistar

Setelah debut mereka di tahun 2010, girl grup beranggotakan empat orang di bawah naungan Starship Entertainment terus meningkat akan popularitasnya dengan setiap comeback mereka.

SISTAR begitu sukses dan populer di industri musik Korea, bahkan Soyou tidak pernah mengingat saat penjualan album mereka tidak melampaui ekspektasi.

Oh ya, girl grup fenomenal ini dikenal sebagai Queens of Summer karena sering merilis lagu-lagu yang cocok dinikmati di musim panas. Namun sayangnya, keputusan untuk pembubaran grup pada 2017 cukup mengejutkan bagi semua penggemar mereka.

2. I.O.I

ioi

I.O.I adalah grup yang dibentuk dari oleh survival Produce 101 terdiri dari 11 anggota; Somi, Sejeong, Yoojung, Chungha, Sohye, Kyulkyung, Chaeyeon, Doyeon, Mina, Nayoung, Yeonjung.

Kesebelas member I.O.I memulai debutnya pada tahun 2016 dan dibubarkan kurang dari setahun kemudian; sebelum mereka bisa memanfaatkan popularitas mereka sepenuhnya.

3. Seo Taiji and Boys

seo taiji and the boys

Trio legendaris Seo Taiji, Yang Hyun Suk, dan Lee Juno merupakan grup k-pop generasi pertama yang debut pada tahun 1992.

Seo Taiji and Boys juga merupakan boy group Korea yang pertama kali memperkenalkan gaya musik K-Pop modern, menjadi titik awal bagi perkembangan musik k-pop yang dinyanyikan oleh grup-grup seperti Super Junior, BIGBANG, dan bahkan BTS.

Grup ini berada pada puncak popularitasnya ketika Seo Taiji mengumumkan pengunduran dirinya pada tahun 1996, yang mana hal tersebut menyebabkan grup ini bubar.

Baca Juga:  5 Selebritis Korea Bernama Wonbin, dari Veteran sampai Rookie

4. PRISTIN

pristin

Antara popularitas anggotanya dari Produce 101 dan konten pra-debut yang memperkenalkan mereka kepada publik, debut PRISTIN pada tahun 2016 sangat dinantikan. Grup ini terdiri dari Nayoung, Roa, Yuha, Eunwoo, Rena, Kyulkyung, Yehana, Sungyeon, Xiyeon, dan Kyla.

Namun, ketika girl group dari Pledis Entertainment ini mendapatkan popularitas dan debut unit PRISTIN V, semuanya berantakan. Bahkan, grup spin-off HINAPIA juga bubar kurang dari setahun setelah debutnya.

5. H. O. T.

hot

Boy group terkenal H.O.T. (High five Of Teenagers) begitu sukses dari tahun 1996. Grup ini dianggap sebagai grup legendaris karena mereka adalah boy group k-pop pertama.

Sampai akhirnya di tahun 2021, grup ini bubar setelah 5 tahun. Pembubaran grup ini sangat mengejutkan, para penggemar melakukan protes terhadap SM Entertainment ketika diumumkan bahwa mereka bubar.

6. X1

x1

Seperti banyak grup yang telah disebutkan, grup proyek Produce 101 X1 mengalami masalah yang di luar kendali mereka.

Hanya beberapa bulan setelah grup tersebut memulai debutnya dan menyapu bersih acara musik dengan kemenangan, seorang Produce 101 PD ditangkap karena memanipulasi suara dan mengungkapkan bahwa setiap musim telah dicurangi. Skandal itu begitu besar, sehingga perusahaan anggota X1 memilih untuk membubarkan grup tersebut beberapa bulan kemudian.

7. miss A

miss a

miss A memulai debutnya dengan lagu Bad Girl Good Girl pada 2010. Lagu tersebut membuat nama miss A dikenal kancah internasional. Dari tahun 2010 hingga 2015, girl grup JYP Entertainment yaitu miss A terus-menerus menempati peringkat tinggi di tangga lagu dengan setiap judul lagu.

Meskipun mencapai peringkat satu dengan album terakhir mereka, grup tersebut dibubarkan setelah setengah dari anggotanya meninggalkan perusahaan.

8. 2NE1

2ne1

2NE1 mungkin merupakan kasus paling menyedihkan di antara semuanya. Dari tahun 2009 hingga 2014, grup ini terus menduduki puncak tangga lagu dengan lagu-lagu mereka seperti I Am The Best, Ugly, Fire, dan masih banyak lagi.

Baca Juga:  Apa Saja Hukuman Sosial Artis Korea yang Terlibat Skandal?

Karena popularitas mereka, penggemar dan anggota grup terkejut oleh pengumuman tiba-tiba dari YG Entertainment untuk membubarkan grup tersebut di 2016. Beberapa tahun kemudian, anggota masih membicarakan seberapa memilukan berita itu dan bagaimana perusahaan tidak pernah memberi tahu mereka.

9. Wanna One

wanna one

Grup besutan Produce 101 Season 2 ini menjadi boy group yang paling banyak memberi impact dalam industri k-pop pada saat itu.

Wanna One memecahkan rekor dan meraih begitu banyak kesuksesan sehingga Swing Entertainment dibuat khusus untuk mereka setelah kontrak pertama mereka berakhir. Grup ini tetap kuat dari 2017 hingga 2019 hingga mereka bubar, tetapi telah bersatu Kembali (reuni) dalam beberapa kesempatan karena popularitas mereka yang tak pernah surut.


Nah, itu dia 9 grup idol k-pop yang bubar di puncak popularitasnya. Kira-kira, dari 9 grup yang disebutkan kalian dulu stan grup yang mana?

Penulis kontributor: Distika Safara Setianda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *