5 Idol Korea yang Debut Berkali-kali

5 Idol Korea yang Debut Berkali-kali

Untuk menjadi seorang idol K-pop, seseorang harus menjalani banyaknya rintangan sebelum akhirnya bisa debut baik menjadi penyanyi solo ataupun masuk kedalam grup. Biasanya seorang idol melakukan debut hanya sekali, tapi beda halnya dengan beberapa idol berikut ini. Mereka terpilih dan dipercaya oleh agensinya untuk melakukan debut lebih dari satu kali bahkan berkali-kali dengan sub-unit yang berbeda-beda atau dengan grup baru.

Berikut ini, 5 member idol K-pop yang melakukan debut berkali-kali siapakah saja mereka;

1. Taeyeon

Taeyeon

Taeyeon memulai debutnya menjadi seorang penyanyi bersama dengan girlgrup Girls’ Generation (SNSD) pada tahun 2007, setelah menjalani masa trainee selama 3 tahun.

Kemudian, pada tahun 2012 ia debut kembali bersama dengan sub-unit pertama Girls’ Generation yaitu Girls’ Generation-TTS pada April 2012 bersama dengan Tiffany dan Seohyun.

Berselang dua tahun, Taeyeon kembali debut menjadi salah satu anggota SM The Ballad pada tahun 2015. Bersama dengan Changmin TVXA, Krystal f(X), dan artis SM lainnya.

Akhirnya, Taeyeon debut sebagai penyanyi solo. Dengan merilis mini album pertamanya “I” dengan judul single utamanya sama dengan album dan meraih sukses yang besar.

Dan yang terakhir, Taeyeon kembali debut bersama dengan sub-unit kedua Girls’ Generation yaitu Girls’ Generation Oh!GG. Dengan mengeluarkan single album “Lil’ Touch”.

2. Baekhyun

Baekhyun

Baekhyun menjadi satu-satunya member EXO yang sering kali debut, bahkan sampai 4 kali debut. Baekhyun mengawali karirnya sebagai penyanyi dengan debut bersama EXO pada tahun 2012, boyband baru yang dibentuk oleh SM Entertainment.

Pada tahun 206, Baekhyun kembali debut bersama dengan sub-unit pertama EXO yaitu EXO-CBX dengan anggota lainnya Chen dan Xiumin dengan merilis mini album Hey Mama!

Baca Juga:  5 Idol K-pop dengan Masa Trainee Terlama

Debut Baekhyun yang paling ditunggu-tunggu oleh para EXO-L (sebutan fans EXO) ialah sebagai penyanyi solo. Baekhyun debut sebagai solois pada Juli 2019 dengan menggeluarkan mini album “City Lights” dan lagu andalannya “Un Village”.

Terakhir di tahun yang sama, Baekhyun debut kembali bersama dengan SuperM yaitu supergrup K-Pop yang dibentuk oleh SM Entertainment pada Oktober 2019. Ia terpilih sebagai leader dengan member lain yang tergabung didalamnya; Kai EXO, Taemin SHINee, Mark dan Taeyoung NCT serta Ten dan Lucas WayV.

3. Mark

Mark

Mark Lee menjadi satu-satunya anggota boygrup NCT yang debut sampai 4 kali. Penyanyi asal Toronto, Kanada tersebut debut pertama kali sebagai seorang idol bersama dengan NCT pada April 2016.

Mark debut pertama kali bersama dengan NCT U sub-unit pertama dari NCT, grup baru yang dibentuk oleh SM Entertainment dimana anggotanya berasal dari berbagai macam negara. NCT U beranggotakan 6 orang diantaranya Taeil, Taeyong, Ten, Doyoung , Jaehyun dan Mark sendiri.

Hanya berselang dua bulan dari debut pertamanya, Mark kembali debut dengan sub-unit kedua dari NCT yaitu NCT 127 pada bulan Juli. Tidak sampai disitu, pada bulan Agustus, Mark lagi-lagi terpilih kembali debut dengan sub-unit ketiga NCT yaitu NCT Dream. Yang beranggotakan 7 anak muda yang usianya masih dibawah 20 tahun. Bersama dengan member lainnya Renjun, Jeno, Jaemin, Haechan, Chenle dan Jisung.

Pada tahun 2019, Mark kembali debut bersama dengan supergrup proyek terbaru SM Entertainment dan Capitol Record yaitu SuperM. Grup yang beranggotakan 7 idol sukses milik SM diantaranya Baekhyun dan Kai EXO, Taemin SHINee, Taeyong NCT dan Ten dan Lucas WayV.

4. Taemin

Taemin

Taemin memulai debut kariernya menjadi seorang penyanyi bersama dengan boygrup SHINee pada tahun 2008 saat usianya masih 14 tahun.

Baca Juga:  Lirik Lagu TAEMIN - Advice

Pada tahun 2012, Taemin kembali debut bersama dengan grup baru proyek SM Entertainment dengan Hyundai bernama Younique. Grup tersebut beranggotakan para dancer terbaik SM. Selain Taemin, anggota lainnya yaitu Eunhyuk dan Henry Super Junior, Hyoyeon Girls’ Generation, serta Kai dan Luhan EXO.

Debut berikutnya, Taemin menjadi solois di tahun 2014 dengan merilis mini album “Ace” dengan lagu andalannya “Danger”.  Belum selesai sampai situ, Taemin debut kembali bersama dengan Supergrup K-Pop SuperM, grup yang dibentuk oleh SM Entertainment pada 2019. Dengan member lainnya Baekhyun dan Kai EXO, Taeyong dan Mark NCT serta Ten dan Lucas WayV.

5. Somi

Somi

Jeon Somi sebenarnya sudah berkali-kali debut menjadi seorang penyanyi. Namun semuanya tidak ada yang bertahan lama. Awalnya, saat masih berusia 14 tahun, Somi mengikuti ajang survival “SIXTEEN”. Somi hampir saja debut dengan TWICE kalau saja dirinya tidak tereliminasi di episode terakhir ‘SIXTEEN’, program televisi yang menjadi cikal bakal terbentuknya TWICE.

Mencoba peruntungan lainnya, Somi kembali mengikuti acara survival “Produce 101 Season 1” dan berhasil menjadi pemenang pertama dan debut bersama dengan girlgrup I.O.I. Sayangnya grup tersebut tidak bertahan lama karena kontraknya hanya 1 tahun saja.

Somi juga pernah menjadi trainee di JYP Entertainment selama 4 tahun. Sebelum akhirnya dia mengakhiri kontraknya pada Agustus 2018.

Karena belum memiliki agensi yang menaunginya, akhirnya Somi memutuskan untuk bergabung dengan label anak agensi YG Entertainment, The Black Label.

Setelah penantian panjang, akhirnya Somi debut sebagai penyanyi solo pada 13 Juni 2019 dengan mengeluarkan single “Birthday” dan meraih kesuksesan.

Nah, dari list idol K-pop di atas, apakah ada bias kamu?

Tinggalkan Komentar :)